A. SIFAT-SIFAT WAJIB BAGI
ALLAH
1.Pengertian
Sifat Wajib Bagi Allah
Sifat wajib bagi Allah adalah
sifat yang harus ada pada Zat Allah sebagai kesempurnaan bagi_Nya. Allah adalah
Khaliq, Zat yang memiliki sifat yang tidak mungkin sama dengan sifat-sifat yang
dimiliki makhluk_Nya. Zat Allah tidak bisa dibayangkan sebagaimana bentuk, rupa
dan ciri-ciri_Nya. Begitu juga sifat-sifat_Nya, tidak bisa disamakan dengan
sifat-sifat makhluk.
Sifat-sifat wajib bagi Allah
itu diyakini melalui akal (wajib aqli) dan berdasarkan dalil naqli (Al-Qur'an dan Hadits).
2.Pembagian
Sifat-sifat Wajib bagi Allah
Menurut para ulama ilmu kalam
sifat-sifat wajib bagi Allah terdiri atas 20 sifat. Dari 20 sifat itu
kelompokkan menjadi 4 kelompok sebagai berikut:
(1) Sifat Nafsiyah, yaitu
sifat yang berhubungan dengan Zat Allah. Sifat nafsiyah ini ada satu, yaitu
Wujud.
(2) Sifat Salbiyah, yaitu
sifat yang meniadakan adanya sifat sebaliknya, yakni sifat-sifat yang tidak
sesuai, tidak layak dengan kesempurnaan Zat_Nya.
Sifat Salbiyah ini ada lima,
yaitu:
1. Qidam
2. Baqa’
3. Mukhalafatuhu
lil-hawadis
4. Qiyamuhu bi
nafsihi
5. Wahdaniyyah
(3) Sifat Ma’ani, yaitu sifat-sifat abstrak yang wajib ada pada
Allah. Yang termasuk sifat ma’ani ada tujuh yaitu:
1. Qudrah
2. Iradat
3. Ilmu
4. Hayat
5. Sama
6. Basar
7. Kalam
(4) Sifat Ma’nawiyah,
adalah kelaziman dari sifat ma’ani. Sifat Ma’nawiyah tidak dapat berdiri sendiri, sebab setiap ada
sifat ma’ani
tentu ada sifat ma’nawiyah.
Jumlah sifat Ma’nawiyah
sama dengan jumlah sifat ma’ani, yaitu:
1. Qadiran
2. Muridan
3. 'Aliman
4. Hayyan
5. Sami'an
6. Basiran
7. Mutakalliman
B.SIFAT-SIFAT MUSTAHIL BAGI ALLAH
1. Pengertian
Sifat Mustahil Bagi Allah
Sifat Mustahil bagi Allah
yaitu sifat yang tidak layak dan tidak mungkin ada pada Allah dan sekiranya
terdapat sifat tersebut akan melemahkan derajat Allah.
2.Pembagian
Sifat-sifat Mustahil Bagi Allah
Sifat-sifat Mustahil ini merupakan kebalikan
dari sifat-sifat wajib bagi Allah, karena itu jumlahnya sama, yaitu sebanyak 20
sifat. Adapun sifat-sifat mustahil tersebut adalah sebagai berikut:
A} Sifat Mustahil dari sifat nafsiyah ada satu, yaitu 'Adam.
B} Sifat Mustahil dari sifat Salbiyah ada lima, yaitu:
1. Hudus
2. Fana’
3. Mumatsalatuhu lil-hawadits.
4. Ihtiyajuhu li gairih
5. Ta'addud
C} Sifat mustahil dari sifat ma’ani ada tujuh, yaitu:
1. Ajz
2. Karahah
3. Jahl
4. Maut
5. Samam
6. Umy
7. Bukm
D}. Sifat mustahil dari sifat ma’nawiyah ada tujuh, yaitu:
1. Ajizan
2. Mukraham
3. Jahilan
4. Mayyitan
5. Asamm
6. A'ma
7. Abkam
C.PERKARA JAIZ BAGI ALLAH
1.Pengertian Perkara
Jaiz Bagi Allah
Kata “Jaiz” menurut bahasa berarti “boleh”. Yang dimaksud dengan perkara jaiz bagi Allah ialah
sifat yang boleh dan boleh pula tidak menciptakan wujudnya si mumkin (makhluk).
Allah
bebas dengan kehendak_Nya sendiri tanpa ada yang menghendaki. Allah boleh saja
tidak menciptakan alam ini, jika dia tidak menghendaki alam ini.
2.Pembagian Perkara
Jaiz Bagi Allah
Berbeda dengan sifat Wajib
dan sifat Mustahil, perkara Jaiz bagi Allah hanya satu, yaitu:
Artinya:
“Memperbuat segala sesuatu yang mungkin terjadi atau
tidak memperbuat_Nya.”
Yang dimaksud dengan sesuatu yang mungkin terjadi adalah sesuatu yang boleh
terjadi dan boleh juga tidak terjadi. Allah bebas menciptakan dan berbuat
sesuatu yang Dia kehendaki.
PERKARA JAIZ
1}."Annahu la yajibu
alaihi ta'ala fi'lu syaiin au tarkuhu" pengertianya: Sesungguhnya tidaklah
wajib bagi Allah di dalam menciptakan wujudnya mungkin atau tidaklah mustahil
bagi Allah di dalam meniadakan wujudnya mungkin.
2}."Tanazzahuhu ta'ala
anil aqrodi fi Af'alihi wa akhkamihi" pengertianya wajib maha suci Allah
mengambil keuntungan dalam pekerjaanya dan wajib maha suci Allah dari mengambil
keuntungan di dalam penetapan hukum hukumnya, mustahil Allah mengambil keuntungan.
3}. "Laa Ta'tsira li
syaiin minal kaanaati biqwwqtihi" pengertiannya wajib tida membekasi pada
tiap tiap mukmin dengan kekuatanya si mungin, mustahil membekasia pada tiap
tiap mumkin dengan kekeuatanya si mungkin.
4}." La ta'siro li syaiin
minal kainati bi thob'ihi" pengertiannya wajib tidak membekasi bagi tiap
tiap si mumkin dengan tabiatnya si mumkin, mustahil membekasi pada tiap tiap
mumkin dengan tabiatnya si mumkin.
5}."Kudusul "alam
basrihi" pengertianya wajib barunya si alam secara keseluruhan, mustahil
qidamnya alam.
dan di wajibkan juga kepda
orang aqil baligh laki laki dan perempuan untuk meyakini bahwa sesungguhnya
Allah Subhanahuwata'ala itu Wajib bersifatan dengan semua sifat yang sempurna
yang tidak terbatas, mustahil Allah Subhanahuwata'ala dengan sifat kekurangan
yang tidak terbatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar